The South Korea Story – Explore Daejeon

Published by

on


Tujuan sebenaranya ke korea ya untuk pengalaman ikut international conference sih. Mbak Bear beneran ngebantu banget buat join acara ini. Mulai dari sebar form untuk responden sampai bikin PPT. Diri ini yang masih ngeblank, ga fokus dan kurang bersemangat ini hanya ngikut. Betapa menyedihkannya waktu itu. Asli lho. Kayak zombie. Wkwkwkw.

Kami berangkat ke venue agak awal jam 9 pagi. Anyway, flow hidup di korea emang dimulainya sekitar jam 9 lho. Kalau pagi subuh, aktivitas biasanya berpusat di market dan olahraga. First impression pertama di korea saat itu adalah orang-orangnya simple, stylish dan banyak jalan. Mereka sangat konsen banget sama yang namanya makanan yang dikonsumsi sih. Hubungan nya sama asupan kalori harian. Eits, intermezo. Mari kembali ke cerita yak.

Sampai di venue, kami langsung daftar ulang. Begonya aku ngantri di abjad yang salah. Jadi volunter disana kebingungan. Dan ternyata harusnya di alphabet nama kedua. Wkwkkw. Setelah daftar ulang, kami dapat goody bag dan kaos olahraga. Tak lupa dong foto-foto dulu di sekitaran venue. Hari pertama belum terlalu rame sih. Amazednya ternyata banyak sekali peserta dari Indonesia. Kayaknya kebanyakan karena mumpung acaranya di korea sih jadi bisa sekalian jalan-jalan. Hahahha

Acara dibuka dengan cukup meriah. Ada welcoming tari dari SMA Seni di Daejeon. Gilak bagus sih anak-anak SMA disana. Yang bikin melongo sih mukanya ciwi-ciwi disana tuh template lho. Cantik dan mukanya kecil tapi dagunya lancip. Berada di samping mereka tuh kayak foto sama boneka korea saking cantiknya. Dan tentu saja diri ini burik ya gaes. Jelas kebanting yak. Hahaha. Setelah Paralel Session, kami dibawa ke Hall hotel untuk Lunch dan Perayaan HUT Conference ini. Makananya agak ga muslim friendly, jadi Cuma ambil sup sama salad aja disana. Setelah makan, kami disajikan penampilan seni juga lho. Itu lho, yang tarian pake topi terus muter-muter gitu. Jujur sih meriah banget. Vibes ramenya conference ini berasa banget nget nget. Belum rampung acara lunch, Aku, Mbak Bear dan Miss Z udah kabur duluan untuk nyari Praying room dan siap-siap presentasi.

Setelah sholat dan masuk ruang presentasi. Kami dapat giliran kedua. Di ruangan, kami ketemu sama orang Indo juga. Dosen dari Lampung. Kami dua cikgu ini sempat bercanda masalah rendang dan tempat nginap yang ternyata sama. Wkwkwkw. Tapi emng disana mah urusannya sendiri-sendiri. Jadi sebatas kenalan aja. Disana juga ketemu guru dari Vietnam dan Jepang. Seru sih interaksi diskusinya dan banyak tukar pengetahuan. Dapat banyak ide yang bisa diaplikasikan nantinya di sekolah. Berasa growing up mindset dan bersyukur banget. Beres session, kami keluar ruangan an ternyata disediakan snack dan kopi. Langsung aja dong kita bikin kopi dan ngambil snack. Tapi emng gegar budaya ya. Aslinya snack nya ga boleh di bekel pulang woy, Cuma boleh dimakan pas acara. Kami pun dengan pedenya memasukkan beberapa cemilan di tas. Dengan tidak tahu malunya. Nextnya kaget sih setelah liat harga snacknya di CU. Ya pantes aja sih panitianya ngamuk, orang harganya mahal. Wkwkwkwkkw

Keluar ruang presentasi, kami langsung keliling-keliling dong karena denger ada bagian photobox pake hanbok yak gaes. Turun ke lantai 1 disana udah banyak yang antri banget buat pake hanbok. Daku, Mbak Bear dan Miss Z ikutan antri dong. Ya masak ga mau ikutan pake, meskipun setelah antrian kami ditutup itu booth. wkwkwkw. Rasanya pake hanbok yang beneran hanbok gimana? Jawabannya keren. Asli. Bahan hanboknya bagus. Berubah jadi anggunly setelah pake hanbok lho. Kami sempet foto bertiga. Tapi setelah kulihat lihat kok hasil fotonya agak burik. Bukan salah kameranya sih, tapi emng kondisi mukaku yang memperihatinkan saat itu. Mata panda, wajah kusam dan terlihat sangat capek. Efek Tesis ampun. Hahaha. Setelah nyoba hanbok, aku antri untuk dapat merch gratis berupa kipas yang boleh custom tulisan hangul. Langsung Request dong untuk nulis Himnehaseyo dong. Biar keinget untuk selalu semangat.

Sekitar jam 3 KST, Kami berdua ngajak miss Z untuk kabur. Pengen jalan-jalan tipis tipis sih di Daejeon. Wkwkwkw. Keluar venue ketemu toko roti yang ngantri banget dan menarik perhatian. Keknya legendaris di daejeon sih. Yaudah kami ikut beli roti. Pilihanku jatuh di roti kacang merah. Enak sih tapi kurang butternya. Tapi enak. Wkwkwkw. Anyway, Megawati Megatron pernah foto juga lho disini. Hehe

Setelahnya kami nyebrang jalan dan bermaksud mampir ke Hanbat Arboretum. Kami mampir sebentar disana dan foto-foto tentu saja yak. Kapan lagi dapat view senja di Daejeon. Anak senja ga tuh. hahaha. Tempat ini beneran public space yang kerasa damai banget. Sebagai pencinta bunga, aku ketemu banyak varian bunga di tempat ini. Suasananya damai dan sejuka banget. Bersih dan tertata. Tempat romantis untuk melepas penat sih ini mah.

Day 1 di Daejeon membuat mbak Bear ampun-ampun karena capek jalan. Wkwkwkwk. Tapi entah kenapa aku seneng aja dapat 10 ribu langkah hari itu. Kayak semangat dan ngerasa lebih sehat aja sih. Meski malamnya tepar dong. Wkwkkw. Seneng banget akhirnya bisa ke korea sih. Bisa merasakan vibesnya yang bener-bener 11 12 kayak di drakor lho. Emang agak kampungan sih kami orang asia tenggara di korea. Karena beda budaya kali ya, Dan seringkali kena rasis, Tapi what ever. Earthing memories menurutku lebih penting. Hahahaha . Setelah pulang dari Hanbat Arboretum, kami pulang jam 7 malam, kami langsung mandi makan dan packing karena hari kedua mau kabur sih. Hahaha. Thats it.

Tinggalkan komentar