The South Korea Story – Bye Daejeon, Hello Seoul

Published by

on

Ga tau ini itungannya day 2 apa day 3 sih. Lebih tepatnya day 3 di Daejeon dan Day 2 Conference. Hahaha. Agenda hari kedua conference ini lebih ke arah presentasinya mbak Bear dan jam 3 harus cabut ke Daejeon Station. Kami berangkat agak telat dari hotel. Sekitar jam 10 pagi. Sekalian check out dan bawa koper yak gaes. Dengan tertatih tatih kami ke halte bis dan ampun rek kok pas jam masuk kerja. Jadi terhimpitlah badan ini bersama orang-orang korea yang wangi. Ini intermezo lagi yak. Orang korea tuh ga punya bau badan lho. Asli. Makanya jarang yang jual deodoran disini. Kalaupun ada itu mahal banget. Pernah ketemu di Olive Young dengan harga 100k rupiah. Edan sih, Genetiknya emang unggul sih orang korea *tambah emot nangis karena meratapi diri sendiri yang burik saat itu. Wkwkwkwkw

Lanjut turun dari bis kami ke Venue. Nitip Koper dan bawaan ke panitia dan langsung ikut paralel session. Langsung dua session di ruang utama. Setelahnya kami diarahkan untuk lunch bareng di ruangan besar gitu. Dan tau ga menunya apa gaes? Bimbibap dong. Sangat Muslim friendly. Aku, Mbak Bear dan Miss Z langsung excited banget. Sebelah kami ada orang korea asli yang ngejelasin cara ngeracik bimbibap yang baik dan benar. Dan percaya ga percaya, rasanya endul gaes. Mo nangis bener. Tapi tolong nasinya kebanyakan saat itu. Selain bimbibap ada juga beberapa banchan atau side dish yang tersedia. Traditional food korea yak. For the first time aku makan akar teratai lho, dan enak banget. Aku suka. Tapi mbak Bear ga suka. Wkwkwwk. Beda selera sih kita. Tapi overall lunch saat itu benar-benar oke sih. Nice

Agenda setelahnya ada ke ruang presentasi Mbak Bear. Disana sudah ada beberapa peserta sih. Dan keren semua. Ada satu ibu ibu dari US yang keliatan suportif banget dan pinter woy. Aku banyak tertampar tentang perlunya improve kemampuan bahasa inggrisku sih. Disana kami juga ketemu ibu dosen dari medan bersama anaknya yang juga ikut conference sambil liburan sih. Yakin sih ini. Wkwkwkw

Beres presentasi, kami langsung berpisah dengan miss Z untuk ngejar kereta ke Seoul. Perjalanan dari venue ke Daejeon Station ternyata lumayan jauh hey. Perlu waktu sekitar setengah jam. Untung saat itu ga telat yak. Oh iya, kami naik Bis Tayo ke Daejeon Station dengan bawaan koper. Sempet takut pas bisnya ngerem, koperku nyenggol bapak-bapak depanku dan bapaknya langsung ngegas. Edan kaget aing. Emang bener sih ahjusi di Korea mah jangan dilawan. Galak ga ada ampun. Wkwkwk.

Sampai di Daejeon stasiun kami sempet kebingungan. Untuk tiket sih udah dibeli. Tapi pake check in enggak pertanyaannya. Akhirnya kami ke loket dan tanya. Ternyata memang langsung. Wah keren sih, sistemnya kayak sistem self service aja, mandiri dan aware sama urusan sendiri2. Tanpa perlu scan barcode. Saat itu masih ada waktu tunggu sejam. Jadi kami duduk aja di kursi tunggu. Ternyata banyak orang indonesia lho yang ada di Daejeon. Cuma ya ga sempet SKSD aja. Kebawa vibes korea yang ga suka ngurusin urusan orang lain.

Apakah aman perjalanan kereta ini? Tentu saja tidak bestie. Drama pun terjadi. Saat itu kami harus naik dari peron 5, tapi peron 5 menghilang. Ya Allah. Bingung kali diri ini. Takut salah lho. Soalnya KTX tuh Cuma berhenti sekitar 10 menit aja. Kalau salah bisa berabe lho. Kami nanya ke mbak-mbak Korea yang lagi duduk, tapi ternyata doi ga bisa bahasa inggris. Struggle ngejelasin akhirnya dikasih tau kalau Peron 5 ga ada, dan suruh tunggu aja disitu. Wkwkw. Yawes kami duduk disitu aja. Apakah drama udah selesai? Tentu saja belum ya gaes. Kalo ini drama pribadi aja. Wkwkwkw. Jadi sambil duduk, aku meleng ngeliat sekeliling. Tiba-tiba mata ini tertuju pada adegan sepasang sejoli yang sedang say goodbye. Pikirku, wah dua sejoli itu mau LDR kayaknya. Cocok banget ya pasangan itu kayak romance gt. Masih mesem dalam hati tiba2 adegan selanjutnya sungguh berdosa gaes. Mereka saling kasih goodbye kiss dong sebelum si cowok masuk kereta. Edaaann. Mataku ternodai. Dan Kaget ga bisa dihindari. Aelah mas2. Ngegetin aja. Wkwkwk. Beneran di public space ketemu adegan kek gt. Wkwkwkw. Syok tiba2. Bener bener pengalaman yang Random yak. Hahahha.

KTX datang tepat waktu sih. Kami langsung naik dan nyari tempat duduk. Suasana di kereta beneran sunyi senyap, jadi kami kebawa untuk ga berisik selama di kereta ya gaes. Kami tiduran aja di kereta. Tapi kok sejam dah sampai. Padahal kemarin waktu naik bis butuh waktu kurleb 4 jam lho. Edan. Kami turun di Seoul Station dan langsung cari Bis Tayo untuk ke penginapan di daerah Gwangjang market. Tentu saja penginapan murah yak, karena kami agak bar-bar nginepnya di korea yak. Total 5 hari sih. Wkwkwkw. Selesai Check in dan masuk kamar, kami mandi. Udah kagak betah coy. Kamarnya bersih dan cozy. Dan konsenku pertama ketika di hotel adalah kamar mandinya. Dan overall good banget. Air panas juga jalan. Aman Oke.

Jam 9 malam, perut keroncongan dan mau ga mau harus ke minimarket buat berburu makanan. Sebenarnya deket penginapan ada CU tapi ga ada makanan yang oke. Makanya harus jalan agak jauh dikit untuk ke Sevel. Dan tau ga. Masak sewaktu kami jalan ada penangkapan penjahat sama bapak polisi. Ada bapak-bapak yang digiring polisi di belakang kami jalan. Langsung dong aku ngajakin mbak Bear untuk cepet-cepet. Kami tergesa-gesa sampai di Sevel gaes. Pulang dari Sevel kok ketemu polisi lagi ngrebek penjahat lagi. Apa ga ngeri tuh? Mana ini polisinya banyakan lagi. Tapi anehnya orang korea yang lewat kayak biasa aja. Kayak ga peduli dan kayak hal itu tuh udah biasa mereka saksikan. Aing ngeri dong. Wkwkwkw. Langsung cepet cepet balik hotel ajalah. Daripada overthinking kebayang drama thriller mon maaf.